Dua Doktor Baru dari Prodi PG PAUD Unesa Hadirkan Inovasi Revolusioner dalam Pendidikan Anak Usia Dini

Surabaya, 9 Juli 2024 - Program Studi Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini (PG PAUD) Universitas Negeri Surabaya (UNESA) merayakan pencapaian luar biasa dengan hadirnya dua doktor baru yang membawa inovasi penting dalam pendidikan anak usia dini.
Mallevi Agustin Ningrum, dosen PG PAUD UNESA, memperkenalkan inovasi baru melalui disertasinya yang berjudul "Pengembangan Model Pembelajaran Scientific Communicative Playworlds (SCOMPLAY) Berbasis Gamifikasi untuk Meningkatkan Keterampilan Berpikir Kreatif dan Berkomunikasi Anak Usia Dini". Dalam sidang terbuka yang dipimpin oleh Prof. Dr. Budi Jatmiko, M.Pd., dan Prof. Dr. Moch. Nursalim, M.Si., Bu Mallevi memperkenalkan model pembelajaran SCOMPLAY yang menggabungkan elemen permainan dengan metode playworld. Penelitian ini melibatkan 132 anak berusia 5-6 tahun dari empat lembaga PAUD di Kabupaten Gresik.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa model SCOMPLAY sangat efektif. Anak-anak menunjukkan peningkatan signifikan dalam keterampilan berpikir kreatif dan berkomunikasi, serta memberikan respons positif dan antusias terhadap proses pembelajaran. "SCOMPLAY menghadirkan cara belajar yang lebih menyenangkan dan interaktif bagi anak-anak. Melalui gamifikasi, anak-anak dapat mengembangkan keterampilan penting seperti berpikir kreatif dan berkomunikasi dengan lebih baik," ujar Bu Mallevi dalam presentasinya. Sebagai lulusan pertama dari program S3 Pendidikan Dasar UNESA, Mallevi menorehkan prestasi yang membanggakan dan memberikan kontribusi signifikan dalam mempersiapkan lembaga PAUD menghadapi mitigasi bencana banjir.
Di sisi lain, Dr. Kartika Rinakit Adhe, koordinator program studi PG PAUD UNESA, juga memperkenalkan inovasi revolusioner melalui disertasinya yang meraih nilai IPK sempurna 4.0. Disertasi yang berjudul "Model Pembelajaran SMARP Berbasis Augmented Reality untuk Meningkatkan Kemampuan Literasi dan Berpikir Kritis" ini dibimbing oleh Prof. Dr. Mustaji, M. Pd dan Prof. Nadi Suprapto, S. Pd., M. Pd, Ph. D. Penelitian ini menggunakan metode Research and Development (RnD) dengan pendekatan 4D holistic model, melibatkan 77 anak dari TK Nada Asobah, TK Labschool 1, dan TK Labschool 2 di Surabaya.
Penelitian Kartika menunjukkan bahwa model pembelajaran SMARP berbasis AR sangat valid dan efektif dalam meningkatkan kemampuan literasi dan berpikir kritis anak-anak. Dengan pencapaian ini, Kartika Rinakit Adhe tidak hanya membawa kebanggaan bagi Universitas Negeri Surabaya tetapi juga memberikan inspirasi bagi para pendidik dan peneliti lainnya untuk terus berinovasi dalam bidang pendidikan.
Dengan hadirnya Dr. Mallevi Agustin Ningrum dan Dr. Kartika Rinakit Adhe sebagai doktor baru, Prodi PG PAUD UNESA semakin menunjukkan komitmennya dalam meningkatkan kualitas pendidikan anak usia dini. Prestasi mereka menjadi tonggak sejarah dalam pendidikan anak usia dini di Indonesia.
Selamat kepada Dr. Mallevi Agustin Ningrum dan Dr. Kartika Rinakit Adhe atas pencapaian gelar Doktor nya! Keduanya telah membawa harapan baru bagi pendidikan anak usia dini melalui inovasi dan dedikasi mereka yang luar biasa.