Asesmen Lapangan Pembukaan Program Doktor (S3) PAUD: Menuju Transformasi Pendidikan Berbasis Ethno-Tech

Surabaya, 7 Januari 2025 – Universitas Negeri Surabaya melaksanakan asesmen lapangan untuk pembukaan Program Doktor (S3) Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD). Kegiatan ini merupakan tahapan penting dalam mewujudkan visi prodi baru tersebut, yaitu “Menjadi pusat ilmu pengetahuan dan teknologi dalam keilmuan PAUD yang inovatif berbasis Ethno-Tech untuk mewujudkan transformasi pendidikan berwawasan global.” Dua asesor dari Lembaga Akreditasi Mandiri Kependidikan (LAMDIK), yaitu Prof. Dr. Sofia Hartati, M.Si. dan Dr. Hj. Ernawulan Syaodih, M.Pd., hadir untuk menilai kesiapan institusi dalam membuka program studi unggulan ini.
Pendekatan Ethno-Tech yang menjadi dasar visi program studi ini mengintegrasikan nilai-nilai lokal (ethno) dengan teknologi modern (tech). Pendekatan ini dirancang untuk menjawab tantangan globalisasi dengan tetap mempertahankan keunikan budaya lokal dalam pendidikan anak usia dini. Integrasi Ethno-Tech akan diterapkan dalam kurikulum, penelitian, dan pengabdian kepada masyarakat, menjadikannya kerangka kerja inovatif untuk mencetak lulusan yang berwawasan global tetapi tetap berakar pada nilai-nilai lokal.
Asesmen lapangan ini mencakup evaluasi berbagai aspek, termasuk kurikulum, infrastruktur, sumber daya manusia, dan dukungan kelembagaan. Para asesor memberikan apresiasi atas visi yang inovatif dan komitmen institusi untuk menghadirkan pendidikan berkualitas yang relevan dengan kebutuhan zaman. Masukan dari para asesor juga menjadi panduan penting untuk memastikan bahwa program studi ini dapat memenuhi standar akademik dan kebutuhan dunia pendidikan.
Dengan pembukaan Program Doktor PAUD ini, Universitas Negeri Surabaya berharap dapat mencetak pemimpin pendidikan yang kompeten dalam memadukan kearifan lokal dan teknologi modern. Program ini diharapkan menjadi pusat unggulan yang memberikan kontribusi nyata bagi transformasi pendidikan anak usia dini di Indonesia dan dunia.
Pendekatan Ethno-Tech yang menjadi dasar visi program studi ini mengintegrasikan nilai-nilai lokal (ethno) dengan teknologi modern (tech). Pendekatan ini dirancang untuk menjawab tantangan globalisasi dengan tetap mempertahankan keunikan budaya lokal dalam pendidikan anak usia dini. Integrasi Ethno-Tech akan diterapkan dalam kurikulum, penelitian, dan pengabdian kepada masyarakat, menjadikannya kerangka kerja inovatif untuk mencetak lulusan yang berwawasan global tetapi tetap berakar pada nilai-nilai lokal.
Asesmen lapangan ini mencakup evaluasi berbagai aspek, termasuk kurikulum, infrastruktur, sumber daya manusia, dan dukungan kelembagaan. Para asesor memberikan apresiasi atas visi yang inovatif dan komitmen institusi untuk menghadirkan pendidikan berkualitas yang relevan dengan kebutuhan zaman. Masukan dari para asesor juga menjadi panduan penting untuk memastikan bahwa program studi ini dapat memenuhi standar akademik dan kebutuhan dunia pendidikan.
Dengan pembukaan Program Doktor PAUD ini, Universitas Negeri Surabaya berharap dapat mencetak pemimpin pendidikan yang kompeten dalam memadukan kearifan lokal dan teknologi modern. Program ini diharapkan menjadi pusat unggulan yang memberikan kontribusi nyata bagi transformasi pendidikan anak usia dini di Indonesia dan dunia.