Struktur Kurikulum PAUD
Klasterisasi MK
Prodi PGPAUD membagi matakuliah dalam beberapa klaster yakni ECTS maka 144 CU/228.96 ECT atau setara 6.520 dalam 4 tahun.
Dalam mendukung profil lulusan yang mencerminkan penciri prodi ini terdapat pada matakuliah berikut:
No |
Nama Matakuliah |
SKS |
ECTS |
Semester |
|||||||
1 |
2 |
3 |
4 |
5 |
6 |
7 |
8 |
||||
Matakuliah Pengembangan Kepribadian-Inti (MPK-Inti) |
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
1 |
Pendidikan Agama |
2 |
3,18 |
√ |
|
|
|
|
|
|
|
2 |
Pendidikan Kewarganegaraan |
2 |
3,18 |
|
|
√ |
|
|
|
|
|
3 |
Pendidikan Pancasila |
2 |
3,18 |
|
√ |
|
|
|
|
|
|
4 |
Bahasa Indonesia |
2 |
3,18 |
|
√ |
|
|
|
|
|
|
Matakuliah Pengembangan Kepribadian-Institusi (MPK-Institusional) |
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
5 |
Literasi Digital |
2 |
3,18 |
√ |
|
|
|
|
|
|
|
6 |
Pendidikan Olahraga |
2 |
3,18 |
|
√ |
|
|
|
|
|
|
7 |
Kewirausahaan |
2 |
3,18 |
|
|
√ |
|
|
|
|
|
8 |
Education |
2 |
3,18 |
√ |
|
|
|
|
|
|
|
9 |
Educational PsychologyST |
2 |
3,18 |
√ |
|
|
|
|
|
|
|
Matakuliah Keilmuan dan Keterampilan (MKK) |
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
10 |
Manajemen Pendidikan Anak Usia Dini |
3 |
4,77 |
|
|
|
|
|
√ |
|
|
11 |
Konsep Pendidikan Anak Usia Dini |
3 |
4,77 |
√ |
|
|
|
|
|
|
|
12 |
Kesehatan dan Gizi dalam Pendidikan Anak Usia Dini |
2 |
3,18 |
|
|
√ |
|
|
|
|
|
13 |
Komunikasi Interpersonal |
2 |
3,18 |
√ |
|
|
|
|
|
|
|
14 |
Komunikasi Interpersonal |
2 |
3,18 |
|
|
√ |
|
|
|
|
|
15 |
Karakter Pendidik Anak Usia Dini |
2 |
3,18 |
|
√ |
|
|
|
|
|
|
16 |
Pengembangan Keterampilan Motorik Kasar dalam Pendidikan Anak Usia Dini |
2 |
3,18 |
|
√ |
|
|
|
|
||
17 |
Pengembangan Kognitif dalam Pendidikan Anak Usia Dini |
2 |
3,18 |
|
|
√ |
|
|
|
|
|
18 |
Pengembangan Literasi dan Bahasa dalam Pendidikan Anak Usia Dini |
2 |
3,18 |
|
|
√ |
|
|
|
|
|
19 |
Pengembangan Nilai-Nilai Keagamaan dan Moral dalam Pendidikan Anak Usia Dini |
2 |
3,18 |
√ |
|
|
|
|
|
|
|
20 |
Pengembangan Pembelajaran Sains dalam Pendidikan Anak Usia Dini |
2 |
3,18 |
√ |
|
|
|
|
|
|
|
21 |
Pengembangan Sosial-Emosional pada Anak Usia Dini |
2 |
3,18 |
√ |
|
|
|
|
|
|
|
22 |
Isu dan Bimbingan dalam Pendidikan Anak Usia Dini |
2 |
3, 18 |
|
√ |
|
|
|
|
|
|
23 |
Perkembangan Anak |
3 |
4,77 |
√ |
|
|
|
|
|
|
|
24 |
Analisis dan Desain Fasilitas Anak Usia Dini |
2 |
3,18 |
|
|
√ |
|
|
|
|
|
25 |
Pendidikan Anak dalam Keluarga |
2 |
3,18 |
|
|
√ |
|
|
|
|
|
26 |
Pengembangan Seni Musik dalam Pendidikan Anak Usia Dini |
2 |
3,18 |
|
|
√ |
|
|
|
|
|
27 |
Pengembangan Seni Visual dalam Pendidikan Anak Usia Dini |
2 |
3,18 |
|
√ |
|
|
|
|
|
|
28 |
Pengembangan Seni Tari dalam Pendidikan Anak Usia Dini |
2 |
3,18 |
√ |
|
|
|
|
|
|
|
29 |
Pengajaran Menggambar untuk Pendidikan Anak Usia Dini |
2 |
3,18 |
|
√ |
|
|
|
|
|
|
30 |
Pendidikan Inklusif |
2 |
3,18 |
|
√ |
|
|
|
|
|
|
31 |
Pengembangan Bahasa Inggris dalam Pendidikan Anak Usia Dini |
2 |
3,18 |
|
√ |
|
|
|
|
|
|
32 |
Komposisi Musik untuk Anak Usia Dini |
2 |
3,18 |
|
|
√ |
|
|
|
|
|
33 |
Penceritaan Cerita untuk Anak Usia Dini |
2 |
3,18 |
|
|
|
√ |
√ |
|
|
|
34 |
Menulis Akademik dalam Pendidikan Anak Usia Dini |
3 |
4,77 |
|
|
|
√ |
|
|
|
|
35 |
Koreografi Tari untuk Anak Usia Dini |
2 |
3,18 |
|
|
|
√ |
|
|
|
|
36 |
Strategi Pengajaran dan Pembelajaran dalam Pendidikan Anak Usia Dini |
2 |
3,18 |
|
√ |
|
|
|
|
|
|
37 |
Pembelajaran Mitigasi Bencana untuk Anak Usia Dini |
2 |
3,18 |
|
|
|
√ |
|
|
|
|
38 |
Pengembangan Media Pembelajaran dalam Pendidikan Anak Usia Dini |
2 |
3,18 |
|
|
√ |
|
|
|
|
|
39 |
Advokasi dan Perlindungan Anak Usia Dini |
2 |
3,18 |
|
|
√ |
|
|
|
|
|
40 |
Teknologi dalam Pembelajaran Anak Usia Dini |
2 |
3,18 |
|
|
|
√ |
|
|
|
|
41 |
Manajemen Taman Penitipan Anak (TPA) |
2 |
3,18 |
|
|
|
√ |
|
|
|
|
42 |
Manajemen TK |
2 |
3,18 |
|
|
|
√ |
|
|
|
|
43 |
Manajemen KB |
2 |
3,18 |
|
|
|
√ |
|
|
|
|
Mata Kuliah Dasar Keahlian (MDK) |
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
44 |
Metodologi Penelitian Pendidikan |
4 |
6.36 |
|
|
|
√ |
|
|
|
|
45 |
Statistika Pendidikan |
2 |
3,18 |
|
|
√ |
|
|
|
|
|
46 |
Teori Pembelajaran |
2 |
3,18 |
|
√ |
|
|
|
|
|
|
47 |
Pengembangan Kurikulum Pendidikan Anak Usia Dini |
2 |
3,18 |
|
√ |
|
|
|
|
|
|
48 |
Perencanaan Pembelajaran |
2 |
3,18 |
√ |
|
|
|
|
|
|
|
49 |
Pengembangan Media Pembelajaran dalam Pendidikan Anak Usia Dini |
2 |
3,18 |
|
|
|
√ |
|
|
|
|
50 |
Evaluasi dan Penilaian dalam Pendidikan Anak Usia Dini |
2 |
3,18 |
|
|
|
√ |
|
|
|
|
51 |
Filsafat Pendidikan |
2 |
3,18 |
|
|
|
√ |
|
|
|
|
Matakuliah Keahlian Berkarya (MKB) - Structure Form KMB-KM |
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
54 |
Thesis |
4 |
6.36 |
|
|
|
|
|
|
√ |
|
55 |
Seminar Proposal |
2 |
3,18 |
|
|
|
|
|
|
√ |
|
56 |
PLP-Analisis Kurikulum |
2 |
4,77 |
|
|
|
|
|
|
√ |
|
57 |
PLP-Penilaian Pembelajaran |
||||||||||
58 |
PLP-Manajemen Sekolah |
2 |
3,18 |
|
|
|
|
|
|
√ |
|
59 |
PLP-Bahan Ajar |
3 |
4.77 |
|
|
|
|
|
|
√ |
|
60 |
PLP-Pengembangan Media Pembelajaran |
2 |
3,18 |
|
|
|
|
|
|
√ |
|
61 |
PLP-Pengembangan Program Sekolah |
2 |
3,18 |
|
|
|
|
|
|
√ |
|
62 |
PLP-Pengembangan Rencana Pembelajaran |
3 |
4,77 |
|
|
|
|
|
|
√ |
|
63 |
PLP-Praktik Mengajar |
4 |
6.36 |
|
|
|
|
|
|
√ |
|
64 |
Magang |
2 |
3.18 |
|
|
|
|
√ |
|
|
|
65 |
Keterampilan Mengajar dan Pembelajaran Mikro |
2 |
3,18 |
|
|
|
√ |
|
|
|
|
Matakuliah Berkehidupan Bermasyarakat (MBB) - Free Form KMB-KM |
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
66 |
KKN-T Alat Pengembangan Program |
4 |
6.36 |
|
|
|
|
√ |
|
|
|
67 |
KKN-T Evaluasi Program |
3 |
4.77 |
|
|
|
|
√ |
|
|
|
68 |
KKN-T Implementasi Program |
4 |
6,36 |
|
|
|
|
√ |
|
|
|
69 |
KKN-T Desain Program |
3 |
4,77 |
|
|
|
|
√ |
|
|
|
70 |
KKN-T Penyebarluasan Program |
3 |
4,77 |
|
|
|
|
√ |
|
|
|
71 |
KKN-T Pengembangan Laporan Program |
3 |
4,77 |
|
|
|
|
√ |
|
|
Tabel. Mata Kuliah Penciri Kompetensi Lulusan
Teknologi Pembelajaran Anak Usia Din |
2 |
3,18 |
Literasi Digital |
2 |
3,18 |
Pendidikan Parenting |
2 |
3,18 |
Keterampilan Mengajar dan Pembelajaran Mikro |
2 |
3,18 |
Analisis dan Desain Fasilitas Pendidikan Anak Usia Dini |
2 |
3,18 |
Pengembangan Bahasa Inggris untuk Pendidikan Anak Usia Dini |
2 |
3,18 |