Pengalaman Seru! Mahasiswa Capiz State University Sit-in di Kelas PG-PAUD UNESA

Surabaya, 19 Februari 2025 - Suasana berbeda terlihat di kelas 2024 F Program Studi PG-PAUD, Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Surabaya (UNESA), saat empat mahasiswa dari Capiz State University, Filipina, mengikuti perkuliahan mata kuliah Pengembangan Bahasa Inggris untuk Anak Usia Dini. Mata kuliah ini diampu oleh dosen Muhammad Naufal Fairuzillah, M.Pd., M.Ed., dan pada sesi ini membahas topik Culturally Responsive Teaching (CRT) in Early Childhood Education.
Dalam perkuliahan ini, empat mahasiswa asal Filipina berkesempatan menyampaikan presentasi terkait materi CRT menggunakan bahasa Inggris. Antusiasme mahasiswa UNESA terlihat jelas, mereka aktif menyimak dan mengajukan berbagai pertanyaan kepada pemateri, termasuk kepada mahasiswa Filipina yang turut serta dalam diskusi. Interaksi ini menciptakan suasana kelas yang dinamis dan penuh wawasan lintas budaya.
Setelah sesi presentasi, Pak Naufal melengkapi pemaparan dengan memberikan tambahan penjelasan mengenai pentingnya pendekatan budaya dalam pengajaran anak usia dini. Untuk memperdalam pemahaman mahasiswa, sesi perkuliahan ditutup dengan permainan True or False. Dalam permainan ini, mahasiswa berbaris di tengah ruangan, lalu Pak Naufal membacakan pernyataan terkait materi. Jika pernyataan benar, mereka harus melompat ke sisi yang telah ditentukan, begitu pula jika salah. Mahasiswa yang salah menjawab langsung tereleminasi. Kegiatan ini berlangsung seru dan membuat mahasiswa semakin termotivasi dalam memahami materi CRT.
Di akhir sesi, Pak Naufal memberikan kesimpulan dan arahan agar ilmu yang telah diperoleh dapat diaplikasikan dalam pembelajaran anak usia dini di masa depan. Selain itu, mahasiswa UNESA juga diberi kesempatan untuk berdiskusi dan berbagi pengalaman dengan mahasiswa Filipina. Sebagai penutup, mereka berfoto bersama sebelum mahasiswa Capiz State University melanjutkan kegiatan di program studi lain.
Kegiatan sit-in ini tidak hanya memperkaya wawasan akademik, tetapi juga membuka peluang kolaborasi internasional antara UNESA dan Capiz State University dalam bidang pendidikan anak usia dini. Semoga semakin banyak kegiatan serupa yang dapat memperkuat hubungan akademik lintas negara!