Mendukung Program Transisi PAUD SD Yang Menyenangkan; PG PAUD UNESA Menyelenggarakan Diskusi Bersama Dinas Pendidikan

Surabaya, 13 Maret 2024 –Hari ini, di Gedung Pendidikan Kota Surabaya, sebuah diskusi yang inovatif digelar untuk merancang strategi pendampingan menyeluruh bagi anak-anak yang akan mengalami transisi dari Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD) ke Sekolah Dasar (SD). Diskusi ini merupakan respon terhadap arahan Menteri Pendidikan tentang pentingnya membuat transisi tersebut menyenangkan dan terintegrasi. Ketua Program Studi PAUD Universitas Negeri Surabaya, Ibu Kartika, memimpin diskusi dengan penuh semangat. Konsep yang diusung adalah menciptakan lingkungan pembelajaran yang menyenangkan, sejalan dengan arahan Menteri Pendidikan. Ia menekankan bahwa transisi ini haruslah tidak hanya menjadi momen transisi, tetapi juga pengalaman yang menyenangkan bagi anak-anak. Diskusi ini tidak hanya berfokus pada aspek pembelajaran formal, namun juga memperhatikan seluruh proses transisi, dari pemilihan sekolah hingga masa adaptasi selama Masa Pengenalan Lingkungan Sekolah (MPLS). Para perwakilan dari Dinas Pendidikan Kota Surabaya mendukung penuh konsep pendampingan menyeluruh ini.
Dalam diskusi tersebut, gagasan-gagasan untuk menciptakan kegiatan pendampingan yang menyenangkan dijelaskan dengan detail. Mulai dari penggunaan permainan edukatif untuk memperkenalkan lingkungan sekolah baru hingga acara MPLS yang berorientasi pada kegiatan kolaboratif dan eksplorasi. Tujuan inti dari diskusi ini adalah menciptakan langkah-langkah konkret yang akan memastikan bahwa setiap anak yang memasuki fase transisi dari PAUD ke SD merasa didampingi dengan baik dan merasa senang dalam prosesnya. Dengan kolaborasi yang kuat antara perguruan tinggi, pemerintah, dan semua pemangku kepentingan terkait, diharapkan bahwa langkah-langkah ini akan menjadi model yang dapat diterapkan secara luas untuk meningkatkan pengalaman belajar anak-anak di seluruh Indonesia. Semua pihak sepakat bahwa pendidikan yang baik dimulai dari fondasi yang kuat, dan transisi yang positif dari PAUD ke SD merupakan langkah awal yang penting dalam membangun masa depan yang cerah bagi generasi mendatang.