Bahan Kajian (BoK) |
||||||
SIKAP |
BoK 1 Pertumbuhan dan Perkembangan Anak |
BoK 2 Kemitraan, Keluarga, dan Komunitas/Masyarakat |
BoK 3 Pedagogis AUD |
BoK 4 Kreativitas AUD |
BoK 5 Pengembangan Profesional, Manajemen, dan
Kepemimpinan |
|
S1 |
Bertanggung jawab atas pekerjaan sesuai
keahliannya secara jujur, mandiri, dan tangguh dalam penyelesaian masalah di
bidang pendidikan anak usia dini dengan menjunjung tinggi etika
akademik. |
V |
V |
V |
V |
V |
KETERAMPILAN UMUM |
|
|
|
|
|
|
KU1 |
Menerapkan pemikiran logis, kritis,
kreatif, dan sistematis dalam konteks pengembangan dan implementasi Ilmu
Pengetahuan dan Teknologi dalam bidang keilmuan pendidikan anak usia dini
sesuai kurikulum yang berlaku berdasarkan kaidah, tata cara dan etika ilmiah.
|
V |
V |
V |
V |
|
KU2 |
Memiliki kemampuan kepemimpinan,
manajerial, dan pengembangan jaringan kerja dalam penyelenggaraan pendidikan
anak usia dini yang holistik integratif. |
|
V |
|
|
V |
KETERAMPILAN KHUSUS |
|
|
|
|
|
|
KK 1 |
Mengembangkan kurikulum di satuan PAUD
yang dilandasi nilai-nilai budaya bangsa. |
V |
|
V |
V |
V |
KK 2 |
Menguasai kemampuan pedagogis dalam
pembelajaran anak usia dini |
|
|
V |
V |
|
KK 3 |
Mampu mengambil keputusan yang tepat
berdasarkan analisis informasi dan data, dan mampu memberikan petunjuk dalam
memilih berbagai alternatif solusi dalam penyelenggaran pendidikan anak usia
dini. |
|
V |
|
|
V |
PENGETAHUAN |
|
|
|
|
|
|
PP 1 |
Menguasai kurikulum, teori belajar,
model pembelajaran dan asesmen anak usia dini dalam pengelolaan
penyelenggaraan PAUD. |
V |
|
V |
V |
|
PP 2 |
Menguasai tahap perkembangan, konsep
hidup sehat, dan teknik pengasuhan untuk mengoptimalkan perkembangan anak
usia dini |
V |
V |
V |
V |
|
PP 3 |
Menguasai konsep bidang seni anak usia
dini sesuai kebutuhan perkembangan anak usia dini. |
V |
|
|
V |
|